Kamis, 16 September 2010

Pahala Sedekah untuk Pengemis


Pertanyaan

Assalamu'alaikum wr.wb

Soal sedekah, manakah yang lebih besar pahalanya dimata allah dalam memberikan sedekah diberikan langsung melalui tangan kita kepada pengemis atau kita mengisi kotak tromol yang terdapat di dalam masjid. Saya berpendapat kalau memberikan ke pengemis hanya membuat mereka malas, sekali dikasih maka akan balik kembali dan itu-itu aja yang meminta. Terima kasih. Mohon penjelasannya.

Wassalam,
Adi

Jawaban


Waalaikumsalam Wr Wb
Semoga Allah SWT merahmati kita semua

1.Dua kasus ini kelihatannya sulit untuk dibandingkan dan dibuat skala prioritas karena masing-masing memilki kelebihannya.

2.Hanya saja jika kita harus memilih maka prioritasnya bukan berdasar orang miskin atau tromol masjid tetapi berdasar kondisi luar dan obyektif masing-masing kasus. Saya melihat jika ditemukan peminta itu ada indikasi tidak baik, misalnya dijadikan sebagai pekerjaan atau menyebabkan malas dan tidak mau bekerja maka dalam hal ini sebaiknya diberikan ke masjid (tromol masjid).

3.Tapi jika ditemukan sebaliknya bahwa shadaqah masjid itu hanya untuk membangun fisiknya padahal banyak peminta-minta yang benar-benar butuh maka tentu lebih baik ke peminta-minta yang butuh.

4.Jika dua-duanya buruk, tromol masjid tidak jelas, orang miskin tidak jelas maka berikan yang lebih sedikit madhorotnya. Atau alihkan ke pihak lain di luar dua hal tersebut.

Ustadz Muhsinin Fauzi Lc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar